Profil Bandara

Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA) yang dibangun dan dikelola oleh Angkasa Pura Airports memiliki peran yang cukup signifikan dalam mewujudkan konektivitas udara serta perkembangan perekonomian masyarakat Provinsi DI Yogyakarta serta Pulau Jawa bagian selatan. Pembangunan fase I - YIA diproyeksikan akan selesai 100 persen pada bulan Desember 2019. YIA akan memiliki terminal berkapasitas 14 juta penumpang per tahun atau 9 kali lipat dari kapasitas Bandara Internasional Adisutjipto.

YIA akan menjadi bandara terbesar ketiga di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kehadiran YIA diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta serta memberikan multiplier effect yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi, perdagangan, dan logistik di Yogyakarta dan sekitarnya. YIA merupakan wujud komitmen Angkasa Pura Airports dalam mendukung pengembangan konektivitas udara dan pendorong pengembangan wilayah. Bagi penguna jasa, keberadaan YIA akan meningkatkan level of service dalam aspek pelayanan, dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan.

Bandara ini memiliki fasilitas sisi udara (airside) yang telah siap 100 persen, dengan panjang landas pacu 3.250 meter, lebar 45 meter dan shoulder (bahu runway) 15 meter di setiap sisi. Spefisikasi runway ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380. Adapun fasilitas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di YIA masuk ke dalam kategori 8.

Video Profile

Yogyakarta International Airport

baggage claim

Departure Hall

Boarding Gate

check in area

VIDEO PROGRESS PEMBANGUNAN YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT

Tanggal 17 November 2019

Tanggal 06 Oktober 2019

Tanggal 25 Agustus 2019

Pertanyaan seputar Seleksi Mitra Usaha Bandara Internasional Yogyakarta dapat disampaikan melalui surat elektronik seleksi.yia@ap1.co.id atau layanan informasi pesan singkat Seleksi Mitra Usaha melalui link berikut